Adapun Soal-soal Pemograman Dasar Kelas X/ 10 seperti berikut ini :
1. Serangkaian Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan secara sistematis disebut ........
a. Algoritma
b. Logaritma
c. Aritmatika
d. Informatika
e. Programming
2. Dibawah ini adalah komponen utama komputer, kecuali .........
a. Input device
b. CPU
c. Storage Device
d. Output Device
e. Tool Device
3. Yang termasuk ke dalam output device adalah….
a. Keyboard
b. CPU
c. Hardisk
d. RAM
e. Printer
4. Yang termasuk kedalam storage device adalah…
a. Keyboard
b. CPU
c. Hardisk
d. RAM
e. Printer
5. Dibawah ini adalah beberapa contoh bahasa program computer, kecuali……..
a. Microsoft office
b. Pascal
c. Java
d. Delphi
e. Visual basic
6. Dibawah ini adalah sistem computer ……….
a. Malware, software, brain ware
b. Hardware software brain ware
c. Software hardware malware
d. Microsoft, pascal
e. Debian linux windows
7. Dibawah ini adalah struktur dasar algoritma yang benar .........
a. Pengulangan, pemilihan, pemrosesan
b. Pengulangan, pemilihan, pemrograman
c. Pemilihan, runtunan, pemrosesan
d. Runtunan, pengulangan, pemilihan
e. Pemilihan, runtunan, pemrograman
8. Yang tidak termasuk ke dalam pengulangan adalah……
a. While do
b. For do
c. Repeat until
d. Semua benar
e. Semua salah
9. Flowchart disebut juga sebagai ..........
a. Diagram batang
b. Diagram simbol
c. Diagram arus
d. Diagram venn
e. Diagram pemilihan
10. Perintah di dalam pascal untuk mengeksekusi program adalah .......
a. Ctrl + F5
b. Ctrl + F9
c. Ctrl + F7
d. Alt+F5
e. Alt+F7
11. Perintah di dalam pascal untuk membersihkan layar adalah .......
a. Cls
b. Clrscr;
c. Begin
d. End.
e. Readln
12. Perintah di dalam pascal untuk mengakhiri program adalah .......
a. End.
b. End;
c. Readln;
d. Writeln;
e. Label;
13. Istilah untuk algoritma runtunan adalah .........
a. Selection
b. Repetition
c. Begin
d. Sequence
a. Algoritma
b. Logaritma
c. Aritmatika
d. Informatika
e. Programming
2. Dibawah ini adalah komponen utama komputer, kecuali .........
a. Input device
b. CPU
c. Storage Device
d. Output Device
e. Tool Device
3. Yang termasuk ke dalam output device adalah….
a. Keyboard
b. CPU
c. Hardisk
d. RAM
e. Printer
4. Yang termasuk kedalam storage device adalah…
a. Keyboard
b. CPU
c. Hardisk
d. RAM
e. Printer
5. Dibawah ini adalah beberapa contoh bahasa program computer, kecuali……..
a. Microsoft office
b. Pascal
c. Java
d. Delphi
e. Visual basic
6. Dibawah ini adalah sistem computer ……….
a. Malware, software, brain ware
b. Hardware software brain ware
c. Software hardware malware
d. Microsoft, pascal
e. Debian linux windows
7. Dibawah ini adalah struktur dasar algoritma yang benar .........
a. Pengulangan, pemilihan, pemrosesan
b. Pengulangan, pemilihan, pemrograman
c. Pemilihan, runtunan, pemrosesan
d. Runtunan, pengulangan, pemilihan
e. Pemilihan, runtunan, pemrograman
8. Yang tidak termasuk ke dalam pengulangan adalah……
a. While do
b. For do
c. Repeat until
d. Semua benar
e. Semua salah
9. Flowchart disebut juga sebagai ..........
a. Diagram batang
b. Diagram simbol
c. Diagram arus
d. Diagram venn
e. Diagram pemilihan
10. Perintah di dalam pascal untuk mengeksekusi program adalah .......
a. Ctrl + F5
b. Ctrl + F9
c. Ctrl + F7
d. Alt+F5
e. Alt+F7
11. Perintah di dalam pascal untuk membersihkan layar adalah .......
a. Cls
b. Clrscr;
c. Begin
d. End.
e. Readln
12. Perintah di dalam pascal untuk mengakhiri program adalah .......
a. End.
b. End;
c. Readln;
d. Writeln;
e. Label;
13. Istilah untuk algoritma runtunan adalah .........
a. Selection
b. Repetition
c. Begin
d. Sequence
e. Combination
14. Istilah untuk algoritma pemilihan adalah .........
a. Selection
b. Repetition
c. Begin
d. Sequence
e. combination
15. suatu nama yang menyiratkan lokasi memori komputer yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai disebut ...........
a. Konstanta
b. Deklarasi
c. Deskripsi
d. Stuktur
e. Variabel
16. Variabel yang nilainya tetap disebut .....
a. Konstanta
b. Deklarasi
c. Deskripsi
d. Compile
e. Error
17. Nilai Konstanta untuk Phi adalah.....
a. 4.15
b. 3.14
c. 22/8
d. 3.15
e. 2.75
18. Tipe data untuk bilangan bulat pada umumnya adalah ...
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
19. Tipe data untuk bilangan pecahan desimal adalah...
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
20. Tipe data untuk kata / kalimat adalah....
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
21. Dibawah ini penulisan untuk kepala program yang benar adalah ......
a. ProgramLuasPersegi;
b. Program Luas Persegi;
c. Program _Luas Persegi;
d. Program luas persegi.
e. Program Luas_persegi;
22. Input di dalam pascal yang nilainya baru dimasukan setelah program di jalankan disebut.....
a. Input Ekspilsit
b. Input Implisit
c. Input Deplisit
d. Input Semi Implisit
e. Input Semi Deplisit
23. Operasi matematika untuk perkalian di dalam program disimbolkan dengan .....
a. %
b. /
c. *
d. #
e. @
24. Fungsi di dalam pascal untuk mencari akar kuadrat adalah.....
a. Sqr
b. Sqrt
c. Ln
d. Exp
e. Log
25. Penyelesaian masalah di dalam algoritma harus masuk akal, dalam hal ini algoritma mempunyai sifat…..
a. Efisien
b. Efektif
c. Logis
d. Konsisten
e. Inkonsisten
26. Algoritma harus mempunyai beberapa sifat di bawah ini, kecuali…….
a. Efektif
b. Efisien
c. Logis
d. Konsisten
e. Ambigu
27. Penyelesaian masalah di dalam algoritma selayaknya harus diselesaikan di dalam waktu yang singkat. Dalam hal ini algoritma mempunyai sifat….
a. Efektif
b. Efisien
c. Logis
d. Konsisten
e. Ambigu
14. Istilah untuk algoritma pemilihan adalah .........
a. Selection
b. Repetition
c. Begin
d. Sequence
e. combination
15. suatu nama yang menyiratkan lokasi memori komputer yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai disebut ...........
a. Konstanta
b. Deklarasi
c. Deskripsi
d. Stuktur
e. Variabel
16. Variabel yang nilainya tetap disebut .....
a. Konstanta
b. Deklarasi
c. Deskripsi
d. Compile
e. Error
17. Nilai Konstanta untuk Phi adalah.....
a. 4.15
b. 3.14
c. 22/8
d. 3.15
e. 2.75
18. Tipe data untuk bilangan bulat pada umumnya adalah ...
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
19. Tipe data untuk bilangan pecahan desimal adalah...
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
20. Tipe data untuk kata / kalimat adalah....
a. Real
b. Integer
c. Long Integer
d. String
e. Char
21. Dibawah ini penulisan untuk kepala program yang benar adalah ......
a. ProgramLuasPersegi;
b. Program Luas Persegi;
c. Program _Luas Persegi;
d. Program luas persegi.
e. Program Luas_persegi;
22. Input di dalam pascal yang nilainya baru dimasukan setelah program di jalankan disebut.....
a. Input Ekspilsit
b. Input Implisit
c. Input Deplisit
d. Input Semi Implisit
e. Input Semi Deplisit
23. Operasi matematika untuk perkalian di dalam program disimbolkan dengan .....
a. %
b. /
c. *
d. #
e. @
24. Fungsi di dalam pascal untuk mencari akar kuadrat adalah.....
a. Sqr
b. Sqrt
c. Ln
d. Exp
e. Log
25. Penyelesaian masalah di dalam algoritma harus masuk akal, dalam hal ini algoritma mempunyai sifat…..
a. Efisien
b. Efektif
c. Logis
d. Konsisten
e. Inkonsisten
26. Algoritma harus mempunyai beberapa sifat di bawah ini, kecuali…….
a. Efektif
b. Efisien
c. Logis
d. Konsisten
e. Ambigu
27. Penyelesaian masalah di dalam algoritma selayaknya harus diselesaikan di dalam waktu yang singkat. Dalam hal ini algoritma mempunyai sifat….
a. Efektif
b. Efisien
c. Logis
d. Konsisten
e. Ambigu
28. dan seterunya
Bagi yang membutuhkan dalam bentu file mentahnya, bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link yang sudah kami sediakan melalui link dibawah ini ;
Downlaod Soal UTS Pemograman Dasar Kelas X
Posting Komentar