0
Berikut ini kami bagikan Contoh Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) PGSD Mata Kuliah PDGK 4201 Pembelajaran PKN SD dalam format Word Docx, Docs.

Soal Ujian UT PGSD PDGK 4201 Pembelajaran PKn SD

Soal Ujian UT PGSD PDGK 4201 Pembelajaran PKn SD

Dibawah ini kami uraikan soal-soalnya secara lengkap, silahkan disimak!!

1. Dalam kurikulum di bawah ini yang sudah mengenal istilah pendidikan kewarganegaraan adalah kurikulum ....
  • A.  tahun 1946
  • B.  tahun 1957
  • C.  tahun 1961
  • D.  tahun 1968
2. Menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006, bahwa tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Kecuali….
  • A.  berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
  • B.  berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi
  • C.  berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
  • D.  berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar negara lebih kuat
3.  Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral, adalah….
  • A.  materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 45 berserta dinamika
  • perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara Indonesia
  • B.  sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata kehidupan sehari-hari
  • C.  proses pembelajarannya menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai tersebut bukan hanya dipahami tetapi dihayati sekaligus dilaksanakan
  • D.  materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas
4.  Dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar, merupakan pandangan dari….
  • A.  Hermannu
  • B.  Lickona
  • C.  Bloom
  • D.  Alisyahbana
5.  Menurut Permendiknas No. 22 Tahun 2006, bahwa substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral persatuan dan kesatuan bangsa meliputi, antara lain....
  • A.  hidup rukun dalam perbedaan
  • B.  tertib dala kehidupan keluarga
  • C.  hak dan kewajiban anggota masyarakat
  • D.  harga diri sebagai warga negara
6.  Berkaitan dengan hubungan interaktif pengembangan nilai dan moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang esensial bagi perkembangan dan berhailnya kehidupan demokrasi, merupakan pandangan dari....
  • A.  Hermann
  • B.  Lickona
  • C.  Bloom
  • D.  Alisyahbana
7.  Menurut Piaget, perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat memaksa adalah usia antara....
  • A.  0 – 2 tahun
  • B.  2 – 8 tahun
  • C.  8 – 12 tahun
  • D.  12 – 15 tahun
8.  Bahwa sesuatu hal dipandang baik dengan pertimbangan untuk memenuhi anggapan orang lain baik karena memang telah disepakati, merupakan ciri dari tahap perkembangan moral, yaitu....
  • A.  orientasi hukuman dan kapatuhan
  • B.  orientasi instrumental nisbi
  • C.  orientasi kesepakatan timbal balik
  • D.  orientasi hukum dan ketertiban
9.  Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana utama serta esensi pendidikan demokrasi di Indonesia, yang dilaksanakan dengan fokus kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional, emosional, maupun sosial adalah....
  • A.  civic responsibility
  • B.  civic intelligence
  • C.  civic participation
  • D.  civic education
10. Pendidikan yang memungkinkan siswa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya, merupakan fungsi dan peran pendidikan kewarganegaraan sebagai....
  • A.  pendidikan nilai dan moral
  • B.  pendidikan politik
  • C.  pendidikan kewarganegaraan
  • D.  pendidikan hukum dan kemasyarakatan
11. Pernyataan di bawah ini merupakan kelebihan dari pendekatan pembelajaran terpadu dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional, kecuali....
  • A.  pengalaman dan kegiatan belajar anak akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak
  • B.  seluruh kegiatan beajar lebih bermakna bagi anak sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama
  • C.  kegiatan yang dipilih dengan dan bertolak dari minat dan kebutuhan
  • D.  pembelajaran terpadu lebih menfokuskan pada ranah kognitif dan psikomotor
12. Berikut ini adalah mata pelajaran yang paling erat keterkaitannya dengan mata
pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kecuali....
  • A.  IPS
  • B.  Pendidikan agama
  • C.  Pendidikan keterampilan
  • D.  Bahasa Indonesia
13. Penduduk Indonesia golongan weddoid terdapat di daerah....
  • A.  Enggano dan Mentawai
  • B.  Papua dan Aru
  • C.  Sunda Besar dan Madura
  • D.  Sumatera dan Jawa
14. Berikut ini merupakan latar belakang kemajemukan bangsa Indonesia, kecuali....
  • A.  Latar belakang historis, dimana neneng moyang bangsa Indonesia datang ke Indonesia dalam waktu yang cukup lama dan berbeda-beda dalam perjalanan berkembang sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya.
  • B.  Secara geografis kondisi kepulauan di Indonesia berbeda-beda
  • C.  Secara sosilogis dan kultural dampak teknologi manusia yang berkembang
  • D.  Secara yuridis bangsa Indonesia mempunyai konstitusi yang mengatur kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa
15. Lagu apuse berasal dari daerah.....
  • A.  Papua (Irian Jaya)
  • B.  Sulawesi Utara
  • C.  Tapanuli
  • D.  Maluku
Itulah mungkin beberapa soal-soal Ujian Mata Kuliah Pembelajaran PKn SD yang bisa dijadikan latihan, referensi, bocoran untuk nanti pada saat ujian.

Untuk yang membutuhkan saja, kami sudah sediakan dalam bentuk Ms Word yang bisa langsung di Download melalui link dibawah ini :

    Demikianlah Kiranya berbagai File pada kesempataan kali ini Mengenai Soal Ujian UT PGSD PDGK 4201 Pembelajaran PKn SD Semoga bermaanfaat. Jangan Lupa untuk di Share Kembali dan Lihat Juga Artikel Lainnya dibawah ini :

    Posting Komentar

     
    Top